4/20/2012

Virtual CD buat Game Education

Beberapa hari lalu aku didatangi teman dengan membawa CD game Edu yang baru dibelinya, ia mengeluh, kenapa setiap kali mo menjalankan game ini (game edu-nya) kompi selalu meminta memasukan Cdgamenya,
tidak ada masalah sebetulnya namun lama-lama kan jadi repot,  apalagi jika cd-nya ga ketemu karena lupa menyimpannya  atau CD rusak akibat goresan atau terlalu sering digunakan.
Ada cara untuk masalah ini, menjalankan program yang harus menggunakan CD tanpa harus memasukan CD aslinya, yaitu dengan cara menggunakan VirtualCD dan tentunya kita sudah mengkopi CD asli kedalam HDD.
Beberapa  Softwere yang bisa kita gunakan untuk ini, seperti PowerISO, DaemonTools, UltraISO dll. Dan diperlukan sedikit teknik untuk menjalankannya.
Beberapa hal yang kita lakukan antara lain :
Copy CD (CD game Edu) kedalam HDD, bukan copy paste (cara klik disini)
Setelah CD tercopy atau fileISO sudah ada pada HDD,  Instal UltraISO-nya, Jika belum punya silahkan Download UltraISO disini.  extrak lalu istal ( pasword )
Setelah instalasi UltraISO selesai, coba klik kanan star - klik  Explore, dalam kompi sudah terdapat (Virtual CD) CD Drive (E:/F:/G: tergantung partisi HDD kompi anda), jika kompi kita terdapat CD/DVD Room maka akan terdapat dua room satu DVD-RAM Drive (E:) satunya lagi CD Drive (F:) ini yang kIta sebut virtual cd.
Sekarang coba kita mainkan game edu dengan menggunakan Virtual cd dengan cara:
Klik kanan star-klik Explore-klik kanan CD Drive (F:) atau Virtualcd yang kita punya, sorot/klik UltraISO sorot/klik Moun...
Kurang lebih akan muncul gambar seperti  dibawah ini
Cari dimana kita menyimpan file yang baru saja kita Copy dari CD edu tadi, jika sudah ketemu klik dua kali atau klik open. Maka CD edu sudah masuk pada room virtual(CD Drive (F:)).
Sekarang kita jalankan, kembali ke Virtualcd klik kanan CD Drive (F:)-sorot/klik UltraISO-Klik auto play (lihat gambar).
Jika sebelumnya game belum di instal maka akan di minta instalasi game terlebih dahulu, dan untuk selanjutnya game akan jalan dengan sendirinya.
Untuk yang menggunakan DaemonTools bisa  baca postingan  ini
Jika belum punya Daemon Tools silahkan download disini.(pasword)